BENTUK – BENTUK AKTIVA LANCAR

1.    Kas adalah semua uang tunai dan surat berharga yang berfugsi sebagai uang tunai yang disimpan di bank dan setiap saat dapat diambil.
2.    Efek ( Surat Berharga ) adalah surat berharga berupa saham dan obligasi yang dapat diperjualbelikan melalui bursa.
3.    Piutang usaha adalah tagihan kepada pihak lain tanpa perjanjian tertulis yang pelunasannya dalam jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Contoh penjualan secara kredit
4.    Wesel tagih adalah tagihan kepada pihak lain yang disertai perjanjian tertulis yang pelunasannya dalam jangka pendek. Contoh menarik wesel dan menerima promes.
5.    Perlengkapan adalah barang yang dipergunakan untuk kegiatan perusahaan yang habis terpakai dalam jangka kurang dari 1 tahun. Contoh alat tulis kantor
6.    Beban dibayar dimuka adalah beban yang telah dikeluarkan, tetapi belum diterima manfaatnya atau belum menjadi kewajiban. Contoh sewa dibayar dimuka.
7.    Pendapatan yang akan diterima adalah pendapatan atas pekerjaan yang telah diselesaikan, tetapi belum diterima pembayarannya.